Menu

Jl. Amal Mulia, No.10 - Pekanbaru, Riau

Riba Akan Hancur, Sedekah Akan Subur

Tuesday, February 7th 2017.

Renungan Bahaya Riba dari Surat Al-Baqarah ayat 276

يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ

Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.” (QS. Al-Baqarah: 276)

Syaikh As-Sa’di rahimahullah dalam Tafsir As-Sa’di, hlm. 109 menjelaskan bahwa harta riba itu akan sirna, bisa jadi secara kasatmata (dzatan) memang musnah atau secara maknawi (shifatan), berkah harta itu akan hilang. Bisa jadi Allah menimpakan berbagai musibah atau Allah cabut keberkahan pada hartanya. Kalau harta riba tersebut juga ia infakkan, tidak mendapatkan pahala, bahkan hanya menambah ia jatuh dalam jurang neraka.

Syaikh As-Sa’di mengungkapkan lagi bahwa sedekah itulah yang akan membuat harta itu berkembang dan semakin bertambah berkah. Pahala dari orang yang bersedekah semakin bertambah. Karena ingatlah bahwa balasan itu sesuai dengan amalan. Harta riba bisa hancur dikarenakan ada tindakan zalim dan mengambil harta orang lain tanpa jalan yang benar.

Dari Adh-Dhahak, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Allah menghancurkan riba maksudnya adalah sedekah, jihad, haji, dan shalat dari pelaku riba tidak diterima.” Sedangkan sedekah itu akan menyuburkan dan memberkahi harta di dunia dan melipatgandakan pahala dan ganjaran di akhirat.

Dari ayat tersebut ditunjukkan bahwa riba itu haram karena Allah tidak suka bagi yang menghalalkannya dan pelakunya disebut terjerumus dalam dosa.  (Tafsir Al-Baghawi, 3: 302)

Ibnu Katsir menyatakan bahwa ada kaitannya ayat 276 ditutup dengan “Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa”, yaitu pelaku riba tidak ridha dengan apa yang Allah halalkan. Ia tidak mau mencukupkan dengan yang mubah. Keinginannya adalah memakan harta orang lain dengan jalan yang batil dengan menempuh usaha yang kotor. Makanya ia disebut menentang nikmat Allah dan zalim lagi berdosa karena memakan harta orang lain dengan jalan yang batil.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2: 285)

 

Wallahu waliyyut taufiq was sadaad.

Sumber : rumaysho.com

Properti Terbaru

Dijual Rumah Type 48 Tinggal 1 Unit, Ready Stok

Rp. 265 Juta
Jl. Raya pandau permai, jalan perumahan putri molek dibelakang ruko bidan juniarti/fc net
Lt/Lb : 144 m2 m² / 48 m2 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Dijual Rumah type 50m2. Jalan Lobak – Delima

Dijual Rumah type 50m2. Jalan Lobak – Delima

Rp. 300 Juta
Jl. Lobak gg.amal Perumahan Mitra Garden, Blok A.15
Lt/Lb : 112 m² / 50 m²
Lihat Detail »

Dijual 1 unit rumah, SHM

Rp. 550 Juta
Jl. Melati, Komp. Griya Melati Permai (Delima - Lobak)
Lt/Lb : 223 m² / 140 m²
Lihat Detail »

Rumah Asri Type 180

Rp. 1,5 Milyar
Jl. Pandan Sari, No. 06 Kapling 3/Pontianak Harapan Raya (belakang metro swalayan) Tangkerang Utara Pekanbaru
Lt/Lb : 300 m² / 180 m²
Lihat Detail »
Rekomended
Dijual Rumah tengah kota, tanah luas

Dijual Rumah tengah kota, tanah luas

Rp. 1,2 Milyar
JL. ROWOBENING ARENGKA
Lt/Lb : 1600 m² / 300 m²
Lihat Detail »